Back to Top

Sabtu, 10 April 2021

Lukisan Sederhana yang Harganya Bikin Geleng Kepala

| April 10, 2021 | ,

Memahami sebuah seni memang terkadang sama seperti memahami sebuah rasa, benar benar tak ada logika. Saat kamu melihat lukisan ini, mungkin kesan pertama yang ada di pikiran kamu adalah betapa simpelnya lukisan yang hanya menyertakan warna merah, pink dan biru ini. Atau, mungkin kamu lebih meremehkan lukisan ini.

 

No. 1 (Royal Red And Blue)

Walaupun terlihat sederhana, ternyata lukisan yang diberi judul No. 1 (Royal Red And Blue) ini memiliki arti dari sang pelukis, Mark Rothko sebagai bentuk representasi pikirannya yang sangat kompleks. 

Mark Rothko

Lukisan Rothko yang diselesaikan pada 1954 itu hanya berupa tiga blok persegi panjang dengan warna yang berbeda-beda. Dari atas merah, lalu pink, dan paling bawah biru. Lukisan yang diberi nama atau judul “No 1 Royal Red and Blue” karya Mark Rothko yang dalam lelang di Balai Lelang Sotheby pada 2012 lalu itu laku dengan harga $75 juta. Tembus Rp1 triliun!.



Kalian salah besar jika sebelumnya menganggap lukisan ini adalah lukisan murahan. Mark Rothko sebagai seorang seniman ekspresionis abstrak ini berhasil membuat banyak kepala geleng geleng bukan kepalang melihat hasil karya seninya. 

Bagaimana menurut kamu tentang lukisan sederhana ini? Ekhm... Rp1 triliun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top