Back to Top

Minggu, 18 April 2021

7 Manfaat Jengkol yang #LuKuduTau

| April 18, 2021 | , ,

Jengkol biasanya sering dikonsumsi sebagai lalapan atau disayur dan jengkol direndang. Jengkol juga cukup populer di Indonesia karena ciri khas baunya, tapi kali ini kita tidak akan membahas bau nya ya, yang akan kita bahas adalah manfaat dari kandungan buah jengkol ini.

7 Manfaat Jengkol

Jengkol mempuyai nama latin "Achidendron Pauciflorum" merupakan salah satu sayur yang tidak terlalu digemari oleh banyak orang. Entah alasan rasanya yang aneh, atau aromanya yang bau.

Tapi dibalik baunya yang menyengat, jengkol ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang jarang orang ketahui. 

Berikut 7 Manfaat Jengkol yang #LuKuduTau :

1. Mencegah Anemia
Jengkol memiliki kandungan zat besi, dimana zat ini bisa mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel darah merah.

2. Menangkal Radikal Bebas
Selain zat besi, jengkol juga mengandung beberapa jenis Vitamin seperti Vit A, Vit B1, Vit B2 dan Vit C. Vitamin C dalam jengkol juga berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

3. Mencegah Diabetes
Untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi jengkol. Karena jengkol tidak memiliki kandungan apapun yang bersangkutan dengan gula.

4. Menguatkan tulang dan gigi
Bosan minum susu ? coba ganti dengan makan jengkol. Jengkol memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi untuk membantu pembentukan tulang dan gigi.

5. Menyehatkan Mata
Seperti yang dikatakan pada poin ke 2 , jengkol memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi. Dan yang seperti kalian tahu, Vitamin A bernanfaat untuk menyehatkan mata kita.

6. Mengatasi Sembelit pada ibu Hamil
Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit akibat pertumbuhan janin didalam tubuhnya. Serat pada sayur jengkol bisa mengatasi masalah sembelit ini, tapi ada baiknya jika kamu tidak mengonsumsi terlalu banyak ya!

7. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis
Selain dapat mengatasi penyakit jantung, manfaat jengkol lainnya juga cukup terbukti dapat mencegah berbagai penyakit kronis lo! Manfaat penting ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang banyak terdapat dalam jengkol. 

Beberapa zat antioksidan yang diketahui terdapat dalam jengkol di antaranya polifenol, flavonoid, terpenoid, dan alkaloid. Zat-zat tersebut bisa membantu mencegah penyakit kronis seperti maag, liver, dan gangguan metabolisme lainnya. 


Nah itu tadi 7 Manfaat Jengkol yang #LuKuduTau. Gmn? masih mau remehin jengkol yang bau itu? Bermanfaat loh! Lebih bermanfaat lagi kalau lu bagikan postingan ini. Thanks!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top