Back to Top

Minggu, 18 April 2021

10 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Wanita

| April 18, 2021 | , ,

Prunus Domestica atau plum adalah buah yang masih bersaudara dengan persik, nectarine, dan almond. Kadang disebut juga dengan nama prune atau prem. Buah plum merupakan sumber vitamin, mineral, fitonutrien, flavonoid, dan antioksidan. Karena itulah, manfaat buah plum bagi manusia sangat beragam.



Bagaimana dengan manfaat buah plum untuk wanita? Ternyata jumlahnya cukup banyak.

Perbedaan Buah Plum Merah, Hitam, dan Kuning

Buah plum memiliki banyak jenis. Ada yang kulit buahnya berwarna kuning, merah, dan hitam. Sebenarnya kandungan gizi di dalam buah plum kuning, merah, dan hitam relatif sama. Satu-satunya hal yang membedakan adalah antioksidan antosianin di dalam puah plum hitam yang lebih tinggi.


1. Mengatasi Rambut Rontok dan Menumbuhkan Rambut
Manfaat buah plum yang pertama adalah membantu menghentikan kerontokan rambut dengan membalik kondisi pada kelenjar adrenal. Buah ini juga bisa membuat rambut tumbuh lebih subur karena kandungan zat besi dan kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah.


2. Menyehatkan Kulit
Konsumsi buah plum atau jus plum murni secara teratur dapat menjadikan kulit bersih dan kencang. Buah plum juga mampu mengurangi penampilan kerut dan meremajakan kulit yang kusam.


3. Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang
Menurut beberapa penelitian, konsumsi buah plum dapat meningkatkan kesehatan tulang. Buah lum mengandung boron yang penting untuk menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Buah ini juga kaya flavonoid dan senyawa fenolik yang membalikkan proses pengeroposan tulang.


4. Memudarkan Bekas Luka
Manfaat buah plum selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah ddi bawah kulit yang memiliki bekas luka, membantu pertumbuhan sel kulit baru, dan pada akhirnya memudarkan bekas.

Konsumsi buah plum juga dapat meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit. Flek pun tidak mudah muncul di kulit.


5. Membantu Penurunan Berat Badan
Mengonsumsi buah plum sangat bermanfaat bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Buah plum mengandung senyawa bioaktif seperti flavonoid dan senyawa fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin, serta katekin. Semuanya membantu melawan sindrom metabolik dan karenanya dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Buah plum memberikan manfaat anti-inflamasi ke sel-sel tubuh kita, termasuk sel-sel lemak. Plum juga merupakan sumber serat pangan yang baik untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama.


6. Baik untuk Ibu Hamil
Makan buah plum selama kehamilan bermanfaat bagi wanita hamil dan janin yang dikandung. Pasalnya vitamin, mineral, dan fitonutrien di dalam buah ini sangat berkhasiat.

Nutrisi di dalam buah plum dapat meningkatkan penglihatan, membantu pembentukan tulang dan jaringan, meningkatkan kesehatan sel untuk ibu dan bayi, melindungi terhadap infeksi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Serat makanan yang ada di dalam buah plum juga baik untuk mencegah sembelit. Walaupun begitu, sebaiknya konsumsi buah plum secukupnya saja.


7. Meminimalkan Flek
Plum sangat bermanfaat memudarkan bintik-bintik hitam, warna kulit yang tidak merata, dan flek karena usia. Cukup oleskan daging buah plum yang sudah dilumatkan pada wajah secara teratur. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air.


8. Menjadikan Kulit Kencang
Konsumsi jus plum secara teratur dapat menjadikan kulit lebih sehat. Efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit berkat kandungan vitamin C yang membantu kulit memproduksi kolagen.


9. Mencegah Kerusakan Sel
Makan buah plum secara teratur efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit. Itu berkat keberadaan antosianin di dalamnya. Antosianin adalah antioksidan yang memberikan warna gelap pada buah dan sayuran. Jenis buah plum yang paling banyak mengandung nutrisi ini adalah plum hitam.


10. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari
Konsumsi buah plum secara teratur sangat efektif untuk melindungi kulit dari efek merusak sinar ultra violet. Itu karena antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang terdapat dalam buah plum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top