Sejarah Perang Malvinas Antara Inggris dengan Argentina 1982

Perang Malvinas terjadi pada tahun 1982 di wilayah Falkland, dimana Argentina mengklaim dirinya sebagai pemilik sah dari kepulauan tersebut. Argentina menganggap Spanyol telah memberikan hak wilayah Falkland kepada mereka sejak tahun 1810.

 

British Rapier

 Tanggal 19 Maret 1982 Argentina menyatakan perang terhadap Inggris dengan cara menguasai pulau Georgia Selatan dan mengibarkan bendera Argentina di pulau sengketa tersebut. Dan kapal-kapal perang Argentina dengan persenjataan lengkap mulai merapat ke wilayah kepulauan yang terletak di selatan samudera Atlantik tersebut.



Namun Inggris sama sekali tidak gentar. Pada 12 April 1982 Inggris mengumumkan Zona Eksklusif Maritim 200 mil di sekitar pulau-pulau sengketa. Akhirnya perang pun pecah ketika pasukan Argentina memasuki Zona Eksklusif Maritim Inggris tersebut. Perang berlangsung kurang lebih selama dua bulan. Kedua belah pihak mengerahkan seluruh kekuatannya. Wilayah Falkland yang sebelumnya damai berubah menjadi medan perang yang mengerikan.


Inggris yang mempunyai pengalaman berperang sejak abad ke 19 berhasil mengalahkan pasukan Argentina yang unggul dalam jumlah. Dari 134 pesawat tempur Argentina, separuhnya berhasil dihancurkan pasukan Inggris. Sementara Argentina hanya berhasil menjatuhkan 3 pesawat tempur Inggris. Hingga akhirnya pada 14 Juni 1982 Argentina pun menyerah kalah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Halaman Depan

Advertisement