Ciri - Ciri Covid-19 dari Gejala Ringan Hingga Serius

Di Indonesia Kasus Covid-19 mencapai 4jt-an Orang. (data dari google, per tulisan ini di terbitkan). Namun, kini proses vaksinasi sudah berjalan dengan sangat baik. , Para ahli kesehatan terus bekerja keras untuk lebih menangani dan memahami gejala COVID-19. 

Ciri - Ciri Covid-19

 

Berdasarkan informasi dari DCP atau Disease Control and Prevention, ciri-ciri corona pada setiap orang bisa bervariasi dan dapat muncul kapan saja antara 2 – 14 hari setelah terpapar virus. Berikut ini Ciri - Ciri Covid-19 dari Gejala Ringan Hingga Serius :

Gejala Ringan COVID-19 

Demam

Demam merupakan salah satu gejala COVID-19 paling umum dan juga digunakan sebagai kriteria untuk skrining penyakit tersebut. Secara umum, seseorang dianggap memiliki demam apabila suhu tubuhnya lebih dari 37.5°C. Sementara itu, rata-rata suhu tubuh normal adalah 36.5°C hingga 37.2°C. 

Batuk

COVID-19 yang menyerang paru-paru dapat mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan batuk kering. Jika Anda mendapati diri Anda batuk selama lebih dari 1 jam atau mengalami 3 atau lebih episode batuk dalam 24 jam, segera lakukan tes untuk memastikan apakah Anda terinfeksi COVID-19.

Sesak Napas

Dilansir dari Prevention, sebagian penderita COVID-19 mengalami kesulitan bernapas secara normal atau merasa sesak saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti naik tangga. Ini bisa menjadi indikasi Anda menderita pneumonia atau tubuh Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. 

Kelelahan

Saat terinfeksi virus, tubuh Anda akan bekerja keras untuk melawan virus tersebut. Hal ini akan menguras banyak energi, jadi tak heran jika COVID-19 membuat Anda merasa letih serta tidak bertenaga. 

Nyeri Otot

Seperti penyakit lain yang disebabkan oleh virus, COVID-19 dapat menyebabkan demam yang membuat seluruh tubuh Anda terasa nyeri. 

Sakit Kepala

Saat ini, sakit kepala yang disebabkan coronavirus masih sulit dibedakan dari jenis sakit kepala lainnya. Namun, sakit kepala karena COVID-19 umumnya terjadi diiringi dengan demam. Jika Anda mengalami sakit kepala, ukur suhu tubuh Anda untuk memastikan Anda tidak demam dan perhatikan apakah ada gejala COVID-19 lainnya. 

Kehilangan Penciuman

Salah satu gejala utama COVID-19 lainnya adalah anosmia, yaitu hilangnya kemampuan mencium bau, dan hiposmia, yaitu penurunan kemampuan mencium bau. Jika ini terjadi, Anda mungkin tidak dapat mencium dan merasakan apa pun atau menganggap bahwa bau dan rasa yang Anda temui berbeda dari biasanya. 

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan pada penderita COVID-19 dapat disebabkan oleh batuk terus-menerus atau lendir berlebih yang menetes ke bagian belakang hidung dan tenggorokan. Hal ini kemudian dapat mengakibatkan iritasi di tenggorokan Anda. 

Hidung Tersumbat atau Meler

COVID-19 dan influenza dapat memiliki keluhan yang sama, seperti hidung tersumbat ataupun meler. Sulit untuk membedakan apakah keluhan tersebut diakibatkan oleh COVID-19 atau influenza. Oleh karena itu, tak perlu terburu-buru menduga Anda terkena COVID-19 hanya karena mengalami keluhan pilek. Amati apakah ada tanda-tanda lainnya yang menyertai dan lakukan tes untuk membantu penegakkan diagnosis. 

Mual, Muntah, atau Diare

Selain gejala pernapasan, COVID-19 juga memiliki gejala gastrointestinal atau pencernaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Utara, 53% pasien yang dirawat karena COVID-19 mengalami setidaknya 1 gejala gastrointestinal. Gejala yang paling umum di antaranya diare, mual, muntah, dan sakit perut.

 

Gejala serius COVID-19

Jika Anda atau orang di sekitar Anda menunjukkan salah satu tanda-tanda ini, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk meminta bantuan medis: 

  • Kesulitan bernapas 
  • Nyeri dada terus-menerus 
  • Kehilangan kemampuan berbicara atau bergerak 
  • Merasa linglung 
  • Tidak dapat bangun atau tetap terjaga 
  • Kulit, bibir, atau bantal kuku pucat, abu-abu, atau kebiruan


Demikian di atas adalah Ciri - Ciri Covid-19 dari Gejala Ringan Hingga Serius. Semoga kita semua terhindar dari virus ini dan semoga yang terinfeksi virus ini segera sembuh dan sehat kembali.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Iklan Halaman Depan

Advertisement